LASIBOR MANTAPKAN PELAYANAN DENGAN ADANYA DUTA PELAYANAN DAN PEGAWAI TELADAN





Lapas Klas IIB Siborongborong mendukung sepenuhnya Program Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Salah satu program yang dilakukan adalah Memaksimalkan Pelayanan dalam hal ini pelayanan kunjungan. Ketersediaan petugas siaga dalam pelayanan yang diberikan pada proses kunjungan Lapas Klas IIB Siborongborong terus dioptimalkan. Kesiapan petugas dimaksudkan untuk turut mendukung pelayanan prima yang sekaligus mendorong revitalisasi Pemasyarakatan dalam mewujudkan pelayanan publik berbasis HAM. Dukungan pelayanan tersebut diwujudkan dengan pembentukan Duta Layanan Informasi dan Duta Layanan Kunjungan.

Dukungan layanan kunjungan yang diberikan oleh Duta Layanan berlaku sejak tanggal 28 Januari 2020 dan seterusnya dihari-hari pelayanan. Setiadi dan Jojor Martini Pasaribu merupakan petugas yang diamanahkan untuk berperan sebagai Duta Layanan yang ditunjuk langsung oleh M. Pithra Jaya Saragih, Amd.IP, SH, MH, selaku Ka.Lapas Klas IIB Siborongborong. Pembagian tugas secara bergantian pun diberlakukan untuk dapat membantu kelancaran proses kunjungan di Lapas Klas IIB Siborongborong.
Atribut identitas Duta Layanan pun menjadi simbol yang harus digunakan dalam pelaksanaan tugasnya. Atribut yang digunakan bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengenali identitas fasilitator pelayanan Lapas Klas IIB Siborongborong.

Jojor Martini Pasaribu yang berperan sebagai Duta Layanan Kunjungan mengaku bahwa pengunjung warga binaan merasa terlayani dengan adanya duta layanan yang diimplementasikan. "Pengunjung tidak sungkan untuk bertanya langsung kepada kami terkait alur pelayanan kunjungan atau hal lainnya yang berkaitan dengan ketentuan kunjungan. Selaku Duta Layanan, kami berusaha memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait hal yang belum atau kurang dipahami. Tentunya kami sebagai duta layanan juga harus betul-betul memberikan cerminan pelayanan yang berbudaya 5S (Senyum, Salam,Sapa Sopan, dan Santun) " jelasnya.

Duta Layanan Informasi yang diperankan oleh Setiadi juga memiliki tantangan tersendiri baginya. Menurutnya menjadi seorang Duta Layanan harus menanamkan karakter pelayan publik sejati dalam diri agar dapat memberikan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat. "Sangat menarik, dimana saya juga belajar untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat dan belajar membina karakter diri untuk menjadi sosok yang dapat mengayomi masyarakat khusunya dalam mendukung kelancaran proses kunjungan warga binaan.

Peran duta pelayanan dalam pelayanan kunjungan warga binaan bukan hanya sekedar memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait ketentuan layanan kunjungan, akan tetapi juga memberikan perhatian khusus dalam membantu kelancaran kunjungan untuk kelompok rentan. Kelompok rentan yang dimaksud antara lain Pengunjung lansia, Anak, Ibu Hamil, dan Disabilitas. Semua proses kunjungan dari proses registrasi kunjungan, pemeriksaan barang dan badan, bantuan penggunaan alat kelompok rentan menuju ruang kunjungan, pelaksanaan kunjungan hingga berakhirnya kunjungan dibantu oleh duta layanan yang telah ditunjuk.

Selebihnya, duta layanan disamping memiliki pengetahuan umum terkait alur kunjungan dan lembaga pemasyarakatan juga memilki porsi masing-masing dalam perannya. Duta layanan Informasi memilki peran untuk melayani masyarakat ataupun stakeholder lain yang membutuhkan informasi terkait informasi masa pidana dan pengurusan PB, CB, CMB, Remisi warga binaan. Proses alur kunjungan dengan segala ketentuan dan aturan kunjungan warga binaan diperankan oleh Duta Layanan Kunjungan. Sedangkan itu kedua Duta Layanan ini juga memilki peran untuk memberikan layanan informasi mengenai seputar kegiatan lapas dengan beragam pembinaan dan perawatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan.

2 (dua) perwakilan Duta Layanan yang telah ditugaskan menyatakan kesiapan untuk bersedia membantu segala kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sesuai dengan ketentuan.

M. Pithra Jaya Saragih, Amd.IP, SH, MH. selaku Ka.Lapas Klas IIB Siborongborong berharap agar Duta Layanan yang telah dibentuk mampu menjadi cerminan Lapas Klas IIB Siborongborong dalam segala sisi pelayanan yang diberikan. "Duta layanan yang telah ditunjuk agar sekiranya mampu menjadi sosok cerminan Lapas Klas IIB Siborongborong yang Bersih, Peduli, Aman dan Nyaman selain itu juga Cerminan Petugas yang Harmonis, Optimis, Responsif, Aktual sesuai dengan Motto kita. Kita juga berharap agar pengunjung merasakan pelayanan terbaik kita seluruhnya tanpa terkecuali. Kita akan terus benahi fasilitas dan mekanisme yang ada, apabila terdapat ketentuan positif yang berkembang dan saran/pengaduan yang masuk melalui media yang telah kami sediakan. Kepada masyarakat pengunjung juga tetap harus mematuhi ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban" tegasnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Lapas, Sejarah Lapas

LASIBOR PACU INTEGRITAS

LASIBOR :CEGAH PENYBARAN COVID 19 DENGAN LAYANAN KUNGJUNGAN ONLINE